Sejarah Perkembangan Sekolah

SMK N 1 Pancung Soal di dirikan pada tanggal 08 November 2012 dan resmi beroprasi sejak tanggal 06 September 2013. Bangunan sekolah ini, berdiri diatas tanah seluas 15.000 m2. Sekolah ini beralamat di Jl. Sungai Aqsha, Tigo Sungai Inderapura, Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumatera Barat.

SMK N 1 Pancung Soal saat ini membuka sebanyak lima jurusan yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Perkantoran, Jurusan Tata Niaga, Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Kendaraan Ringan. Jumlah siswa sebanyak 412 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 255 siswa dan siswa perempuan berjumlah 157 siswa.

Siswa tersebut terbagi dalam rombongan belajar dengan jumlah 17 rombel dengan rincian seperti pada tabel di bawah ini.

Tabel 1. Jumlah rombel setiap jurusan :

KOMPETENSI

KEAHLIAN

ROMBONGAN BELAJAR

TOTAL

TINGKAT 1

TINGKAT 2

TINGKAT 3

TINGKAT 4

Administrasi perkantoran

1

1

2

0

4

Akuntansi

1

1

1

0

3

Tata Niaga

1

1

1

0

3

Teknik Instalasi tenaga  listrik

1

1

1

0

3

Teknik Kendaraan Ringan

1

1

2

0

4

TOTAL

5

5

7

0

17

Tujuan SMK Negeri 1 Pancung Soal

Sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMK Negeri 1 Pancung Soal adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan saranaprasaranapendidikan yang memadai,.
  2. Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan local dan global.

  3. Meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah (Kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, pesertadidik, dan komite sekolah) untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing.

  4. Meningkatkan program ekstrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.

  5. Mewujudkan peningkatkan kualitas lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang seimbang, serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan keperguruan tinggi.

  6. Menyusun dan melaksanakan tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.

  7. Meningkatkan kualitas semua Sumber Daya Manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetisi baik local maupun global.